Rabu, 27 Oktober 2010

TENTANG CINTA DAN BILIK HATI……..


TENTANG CINTA DAN BILIK HATI……..
(Pandangan lain seputar “SELINGKUH…”)


Suatu kali saya tertegun ketika seseorang berkata “Maaf, apa yang kamu lakukan tetep tak akan merubah rasa cintaku kepadanya…” dan aku berpikir: “Hah…what’s???...” Saat itu aku berpikir tentang masalah perselingkuhan dan tempatnya cinta di hati. Benarkah ada tempat untuk “CINTA RAHASIA” seperti itu dalam hati atau semua hanya bualan?...

Rasanya memang gag fear kalo tiba-tiba kita tercekat rasa cinta yang begitu kuat tetapi dengan seenaknya mengatakan tak ada tempat dalam hati. Sementara reaksi kimiawi dalam tubuh tak pernah dapat dipungkiri kalo rasa itu pernah ada bahkan bisa jadi masih ada dan tetap ada..entah sampai kapan….

Perselingkuhan tanpa cinta…rasanya….bohong…pasti ada cinta…tetapi pertanyaannya:…masihkah ada tempat untuk “CINTA RAHASIA” tersebut?...ini hal lain…dan saya lebih senang mengungkapkannya sebagai “CINTA RAHASIA” ketimbang “CINTA TERLARANG”…karena CINTA adalah CINTA…sebuah rasa murni sifat khas ALLAH yang sangat indah…tak mungkin salah apatah lagi terlarang….

Kembali kepada masalah tempat dihati…menurutku Hati itu memang sekepal daging…tapi berongga dan memiliki ruang…didalamnya kita menaruh aksesoris hati salah satunya cinta….

Sejatinya hati akan ditempati banyak cinta…tak mungkin dikuasai oleh satu cinta karena tidak sesuai fitrah dan berakibat fatal berupa kehancuran alam…Karenanya yang paling bijak adalah membuat sekat hati…dan disetiap biliknya kita bisa menaruh satu buah cinta…

Nah disini perlu arsitek handal yang dapat mengatur setiap bilik dalam hati…setidaknya saya menganalogikan minimal 4 ruang tersekat yang bias kita buat:

1. Pertama CINTA ILAHIAH. Sejatinya kita beri ruangan terbesar dan nyaman untuk jenis cinta ini. Karena setiap kita tak kan luput dari harapan CINTA ALLAH dan berarti kitapun harus mencintai ALLAH lebih dari apapun yang dicinta didunia ini.

2. Kedua CINTA BIRRU WALIDAIN (cinta kedua orang tua). Siapakah Mahluk ALLAH di dunia ini yang paling tau tentang diri kita?...dan kalo jujur jawabannya pasti ORANG TUA. Merekalah yang paling tau tentang kita bahkan sampai tai lalat di bokong kita pun mereka yang tau lebih dulu. Dan siapakah tempat yang paling layak untuk meminta bahkan meskipun merengek dan merajuk …pastinya jawabannya ORANGTUA…tempat curhat masalah pasangan hidup kita?...jawabnya ORANGTUA…Siapakah yang memiliki ribuan maaf meskipun kita menjadi orang sombong & angkuh….lupa diri jika dulunya kita hanya mahluk lemah saat bayi (untuk buang air sekalipun kita meminta tolong padanya)…tapi saat besar kita berani berkata …saya kan sudah dewasa…bla..bla..bla…Semua akan menjawab ORANGTUA…dan tak berlebih rasanya kalo kita mempersiapkan ruang nyaman dalam hati untuk cinta mereka..paling hanya setingkat dibawah cinta ilahiyah.

3. Ketiga CINTA KELUARGA. Akhirnya seiring kedewasaan usia, kita pun akan bertemu dengan jodoh dalam bingkai pernikahan…Mahligai indah pun tercipta dan akan semakin lengkap dengan kehadiran buah hati. Cinta keluarga ini akan terus berkembang membesar indah seiring pertambahan usia perkawinan dan keberhasilan melewati ujian-ujian cinta dalam rumah tangga. Rasanya tidak salah melengkapi perhiasan hati kita dengan cinta ini dalam sebuah ruang yang baik. Karena cinta ini akan menemani secara kasap mata hingga usia dijemput takdir.

4. Keempat CINTA RAHASIA. Mungkin sebagian menganggap cinta terlarang karena umumnya seperti perselingkuhan dalam biduk rumah tangga. Namun sejatinya bukanlah sehina itu. Karena setiap kita dalam perjalanan hidup akan menemukan cinta rahasia ini. Cinta rahasia bisa bermakna apapun, dapat berupa cinta masa lalu yang tak pernah berakhir ke pelaminan mungkin karena pertentangan orangtua atau cinta kepada pihak ketiga yang mengganggu stabilitas rumah tangga atau bahkan mungkin saja cinta sesama jenis yang tak pernah mungkin diikat dalam mahligai perkawinan. Yang pasti dengannya ada reaksi kimiawi dalam tubuh yang membawa kita merasakan kebahagiaan bahkan kedamaian. Sejuknya saja bisa menuntaskan masalah. Tulusnya membangkitkan semangat untuk jiwa yang terpuruk dan terkulai lemah karena pertarungan hidup yang keras. Semua indah bahkan lebih indah daripada cinta keluarga sekalipun tetapi sayangnya cinta ini adalah cinta rahasia…yang harus tersimpan rapat seperti selembar kain putih bersih…yang harus dijaga dengan melipatnya dan disimpan di lemari gelap dan sempit…bukan untuk dipajang di ruang tamu…dan sekat hati untuk rasa cinta ini mungkin tidak selebar dan senyaman cinta lainnya. Tetapi tetap berikan tempat untuknya di hati karena kita pasti suatu saat membutuhkan kehadirannya.

Akhirnya kalau kita bisa memanage hati dengan beragam cinta maka hidup kita pun akan lebih hidup dan bermakna. Karena cinta adalah anugrah..yang harus dapat dipupuk dan dipelihara hingga akhir usia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar Anda di sini